Pages - Menu

Senin, 25 Juni 2012

Seni Kontemporer Merambah Dunia Industri Kesenian


Dewasa ini seni kontemporer  menjadi topic hangat yang sampai saat ini belum usai di kalangan para seniman dan perupa apa itu seni kontemporer . faktanya pasar yang selama ini jadi tumpuan para perupa Indonesia agakya telah melirik lahan ini. Yakni para perupa kontemporer China yang kian menjanjikan keuntungan bagi kolektornya. Dari kolektor, galeri, bala lelang, sampai beberapa perupanya, bagai terkena sihir ini. 
Jadi apa yang sebenarnya yang dimaksud dengan seni kontemporer ini?
Kita rujuk dari Kamus Besar Indonesia, Kontemporer  yaitu pada waktu yang sama; semasa; pada masa kini atau dewasa ini. Dari pengertian yang lain seni kontemporer secara mendasaer adalah sesuatu yang indah dan dapat diapresiasi oleh setiap orang yang melihat, mendengar, merasakan, dan melakukannya yang bersifat kekinian dan lepas dari tradisi modernisasi barat (renaissance). Seni kontemporer itu sendiri sebenarnya muncul dari semangat untuk meninggakan seni dan peradaban lama dan lebih bersifat kekinian. Menurut Yasraf Amir Piliang salah seorang pemerhati seni, menyebutkan bahawa pengertian seni kontemporer adalah seni yang dibuat lebih kepada masa kini atau bersifat modern. Seni kontemporer focus pada kekinian.

Sebenarnya pengertian seni kontemporer  bila dilihat dari etimolodi atau sejarah katanya terdiri dari dua kata co dan tempo. Dimana co  bermakna bersama bersama dan tempo artinya waktu. Maka secara harfiah kata maka dapat dinyatakan sebagai seni yang berjalan sebagai refleksi waktu yang sedaang dilakoni.  
Seni Kontemporer adalah perkembangan seni yang terpengaruh dampak modernisasidan digunakan sebagai istilah umum sejak istilah Contemporary Art berkembang di Barat sebagai produk seni yang dibuat sejak Perang Dunia II. Istilah ini berkembang di Indonesia seiring makin beragamnya teknik dan medium yang digunakan untuk memproduksi suatu karya seni, juga karena telah terjadi suatu percampuran antara praktek dari disiplin yang berbeda, pilihan artistik, dan pilihan presentasi karya yang tidak terikat batas-batas ruang dan waktu
Tafsiran lain mengenai praktek seni kontemporer di Indonesia:
1.       Dihilangkannya sekat antara berbagai kecenderungan artistik, ditandai dengan meleburnya batas-batas antara seni visual, teater, tari, music.
2.       Intervensi disiplin,ilmu sains dan sosial, terutama yang dicetuskan sebagai pengetahuan populer atau memanfaatkan teknologi mutakhir.
Ada bebrapa hal penting mengenai seni kontemporer. Hal-hal penting dalam seni kontemporer itu adalah adanya kebebasan yang tetap tak meninggalkan aturan dalam berkarya kreatif seni, kontekstual, serta ruang dan waktu. Kebebasan itu menghadirkan karya-karya seni yang tak membatasi media, teknik, bahkan gaya. Kontekstual mengaitkan kelahiran dan penyajiann karya-karya seni pad makna dan situssi tertentu yng melatari atau menjadi pertimbangan seniman. Ruang dan waktu merupakan bingkai yang turut mempengaruhi senniman dan karya seninya bak dalam hal proses, wujud, maupun penyajian. 
Namun demikian, ada satu nilai tambah bahwa karya seni tidak berhenti pada wujud karya, tetapi juga melibatkan cara memajangnya. Seperti halnya dalam seni pertunjukan yang dinyatakn usai bukan pada saat seni itu dipentaskan, tetapi pada saat pementasan itu usai. Di sini, peran serta ruang dan waktu, juga pengunjung/penonton turut mempengaruhi kehadiran karya seni.
Dari paparan diatas seni adalah senagai bagian dari kehidupan tak pernah lepas dari lingkungannya.

selamat berkarya!

salam art is green

3 Comentários:

Jinggaraya mengatakan...

Kami Jingga A Raya perusahaan profesional penyedia jasa Coating, Epoxy Flooring, waterproofing, dan supplier bagi segala kebutuhan industri dll
Pengalaman kami untuk hasil terbaik Anda

Silahkan berkunjung ke website kami : www.jinggaraya.com

Kami melayani seluruh area Indonesia

#epoxysemarang #epoxysolo #epoxyyogyakarta #epoxyjawatengah #epoxysurabaya #epoxymalang #epoxysidoarjo #epoxymojokerto #epoxyjawatimur #epoxybandung #epoxypurwakarta #epoxycirebon #epoxyjawabarat #epoxyserang #epoxytangerang #epoxybanten #epoxyjakarta #epoxylampung #epoxysumatra #epoxybali #epoxykalimantan #epoxysulawesi #epoxyindonesia #epoxykita

Unknown mengatakan...

Informasi yang menarik.utk perkembangan seni rupa.mantap.!!!

Unknown mengatakan...

Saya Didik Iswandi.dari komunitas perupa Banjarbaru Balang
Banjarbaru-kalsel.
didikiswandi1256@gmail.com.

Posting Komentar

Bego sih, Ini Lampung yai ©Template Blogger Green by Dwie Setia.

Mentariku