Pages - Menu

Jumat, 11 Januari 2013

Idhan Lubis Dan Semeru


Idhan Lubis dengan nama lengkap Idhan Dhanvantari Lubis adalah adik kandung dari Idhat Shidarama Lubis pendiri Indonesian Green Ranger. Idhan Lubis Lahir di Jogjakarta 19 April 1949 dan wafat di pucuk Gunung Semeru Mahameru pada 16 Desember 1969 bersama seorang anggota Mapala UI yaitu Soe Hok Gie.

Idhan Lubis anak kedua dari pasangan Bachtar Lubis dan Kusrahaeni, dengan kakak kandung Idhat Lubis dan dua orang adik Piet Bachtari Lubis dan Poeng Wiyata Indra Lubis dan juga keponakan dari seorang jurnalis dan pengarang terkenal di Indonesia yaitu Mochtar Lubis.

Idhan Dhanvantari Lubis adalah juga legenda serta tokoh pendakian yang mana kala itu meninggal di Puncak Semeru bersama Soe Hoek Gie pada tanggal 16 Desember 1969. Selama ini, memang tentang dia jarang terlihat di bicarakan dikalangan pendaki gunung, karena ketokohan Soe Hoek Gie yang terlanjur sangat melegenda.

Soe hok gie dan Idhan lubis sungguh sudah tiada, di tanah tertinggi di Pulau Jawa. Mereka jumpai jasad kedua tersebut sudah kaku. Semalam suntuk mereka lelap berkasur pasir dan batu kecil G. Semeru. Badannya yang dingin, sudah semalaman rebah berselimut kabut malam dan halimun pagi. Mata Soe dan Idhan terkatup kencang serapat katupan bibir birunya. Mereka semua diam dan sedih. 

Idhan Lubis dan Soe Hok Gie menemui ajalnya pada 16 Desember 1969 di puncak Gunung Semeru akibat menghirup gas beracun.

Art is Green
kalau bukan kita siapa lagi
kalau tidak dari sekarang kapan lagi.

Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Bego sih, Ini Lampung yai ©Template Blogger Green by Dwie Setia.

Mentariku