Pages - Menu

Jumat, 05 Oktober 2012

Banjir Datang, Segera Kita Bersiap



Musim hujan akan segera datang dibulan bulan ini. Indonesia akan di serang dengan curah hujan secara merata di pelosok negeri. Ketakutan pasti akan di rasakan bagi penduduk sekitar jakrta maupun warga yang sering dilanda banjir seperti kota-kota besar di Indonesia. Masalah banjir merupakan masalah klasik untuk bangsa ini.Namun sampai saat ini masalah itu semua hanya sebuah wacana bagi pemerintah dan taka da solusi yang tepat untuk menanggulangi masalah ini.

Fenomena banjir di daerah tropis khususnya Indonesia membawa dampak negatif; akhir-akhir ini menimbulkan berbagai kerugian dari segi kesehatan, kerugian harta benda, dan bahkan kehilangan nyawa penduduk.

Peningkatan jumlah penduduk Indonesia mencapai 2,3 % per tahun dan pertumbuhan populasi tersebut tidak sebanding dengan ketersediaan lahan, ketersediaan lapangan kerja serta minimnya ketrampilan dan rendahnya tingkat pendidikan. Hal ini mendorong masyarakat mengeksploitasi sumberdaya alam melalui pembalakan hutan (forest logging), pengurangan areal tegakan hutan (deforestasi) dan pembukaan lahan pertanian baru yang intensif pada kawasan hulu daerah aliran sungai (DAS) tanpa menggunakan kaidah konservasi mengakibatkan tanah rentan terhadap erosi dan tanah longsor yang berperan mempercepat proses terjadinya banjir di kawasan hilir DAS

Untuk itu pemerinyah harus mempunyai wacana yang real dan solusi yang bisa diterima dan dilakukan oleh semua kalangan masyarakat Indonesia. Sebelum terjadi hal tersebut pemerintah harus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada dan siap siaga banjir itu akan datang. Hal yang sederhana yang dapat dilakukan oleh warga adalah:

1.     Membersihkan sampah yang mengendap didlaam got atau selokan. Karena hal tersebut dapat mnyumbat laju air kea rah hilir sungai.
2.      Membuat resapan air seperti menanam pohon di sekitar rumah
3.      Ingat jangan membuang sampah sembarangan dimanapun dan kapanpun
4.   Dan jangan mengeksploitasi hutan secara berlebihan agar hutan tetap menjadi jatung dan rumah bagi air sebagai resapan air.

Apabila hal sederhana ini dapat kita lakukan setidaknya banjir akan dapat kita kurangi minimal tiap tahun atau musimnya. Semoga bumi ini tetap menjadi tempat untuk kita tinggal dan kita kita bisa bersahabat dengan alam. Karena alam alam akan memberikan semua yang kita mau.

Salam Art Is Green
Kalau bukan kita siapa lagi
Kalau tidak dari sekarang kapan lagi
Go green…


1 Comentário:

Anonim mengatakan...

banjir ya... mudah2an tidak semakin membanjiri.

Posting Komentar

Bego sih, Ini Lampung yai ©Template Blogger Green by Dwie Setia.

Mentariku