Pages - Menu

Minggu, 21 Oktober 2012

Sang Ekspresionis "Jean-Michel Basquiat"


Jean-Michel Basquiat (22 Desember 1960 - 12 Agustus 1988) adalah seorang seniman Amerika. Dia mulai sebagai seorang seniman grafiti jelas di Kota New York pada 1970-an dan berkembang menjadi seorang pelukis ekspresionis dan Neo-primitif diakui oleh. tahun 1980-an.

Sepanjang Basquiat karirnya berfokus pada "dikotomi sugestif," seperti kekayaan vs kemiskinan, integrasi terhadap segregasi, dan pengalaman batin vs luar. Art Basquiat yang dimanfaatkan sinergi perampasan, gambar puisi, dan lukisan, yang menikah dengan teks dan gambar, abstraksi dan figurasi, dan informasi sejarah dicampur dengan kritik kontemporer.  Memanfaatkan komentar sosial sebagai "batu loncatan untuk kebenaran yang lebih dalam tentang individu"., lukisan Basquiat juga menyerang struktur kekuasaan dan sistem rasisme, sementara nya puisi yang akut politik dan langsung dalam kritik mereka terhadap kolonialisme dan dukungan untuk perjuangan kelas.


awal kehidupan
Jean-Michel Basquiat, lahir di Brooklyn, New York setelah kematian saudaranya Max, adalah anak kedua dari empat bersaudara dari Matilda Andrades (28 Juli 1934 - 17 November 2008)  dan Gerard Basquiat (lahir 1930).  Ia memiliki dua adik perempuan:. Lisane, lahir pada tahun 1964, dan Jeanine, lahir pada tahun 1967 ayahnya, Gerard Basquiat, lahir di Port-au-Prince, Haiti, dan ibunya, Matilde Basquiat, adalah keturunan Puerto Rico, lahir di Brooklyn, New York. Basquiat adalah anak dewasa sebelum waktunya yang belajar cara membaca dan menulis pada usia empat dan adalah seorang seniman berbakat  guru-Nya melihat kemampuan artistiknya,. dan ibunya mendorong bakat seni anaknya. Pada usia sebelas tahun, Basquiat lancar bisa berbicara, membaca, dan menulis Perancis, Spanyol, dan Inggris.

Pada September 1968, ketika Basquiat adalah sekitar delapan, dia ditabrak mobil saat bermain di jalan. Lengannya patah dan ia menderita luka dalam beberapa, dan akhirnya menjalani splenektomi a . Orang tuanya berpisah tahun itu dan ia dan saudara-saudara perempuannya dibesarkan oleh ayah mereka. Keluarga tinggal di Boerum Hill, Brooklyn , selama lima tahun, kemudian pindah ke San Juan, Puerto Rico pada tahun 1974. Setelah dua tahun, mereka kembali ke New York City. Lalu ketika dia berumur sebelas tahun, ibunya berkomitmen untuk rumah sakit jiwa dan kemudian menghabiskan waktu masuk dan keluar dari lembaga. Pada 15., Basquiat lari dari rumah .  Dia tidur di bangku-bangku taman di Washington Square Park, dan ditangkap dan dikembalikan ke perawatan ayahnya dalam seminggu.  Basquiat keluar dari Edward R. Murrow Sekolah Tinggi di kelas sepuluh. Ayahnya dibuang dia dari rumah tangga dan Basquiat tinggal dengan teman-teman di Brooklyn. Ia mendukung dirinya dengan menjual T-shirt dan kartu pos buatan sendiri. Dia juga bekerja di Gudang Busana Unik di West Broadway, Manhattan.

Pada 1986, Basquiat telah meninggalkan Annina Nosei galeri, dan menunjukkan di Boone Mary yang terkenal galeri di SoHo. Pada tanggal 10 Februari 1986, ia muncul di sampul The New York Times Magazine dalam fitur berjudul "New Art, Uang Baru: The Pemasaran Artis Amerika" Dia adalah seorang seniman yang sukses dalam periode ini, tapi nya. kecanduan heroin tumbuh mulai mengganggu hubungan pribadinya.


Ketika Andy Warhol meninggal dunia pada tanggal 22 Februari 1987, Basquiat menjadi semakin terisolasi, dan kecanduan heroin dan depresi tumbuh lebih parah. Meskipun upaya ketenangan selama perjalanan ke Maui, Hawaii, Basquiat meninggal pada 12 Agustus 1988, dari overdosis heroin di studio seninya di Jalan Jones besar di lingkungan NoHo New York City.
Basquiat dikebumikan di Green-Wood Cemetery Brooklyn.

Artistik gaya "Untitled (Skull)" (1984)
    "Canon Basquiat ini berkisar angka heroik tunggal:.. Atlet, nabi, prajurit, polisi, musisi, raja dan artis itu sendiri Dalam gambar kepala sering merupakan fokus utama, diatapi oleh mahkota, topi, dan lingkaran cahaya cara ini intelek adalah menekankan, diangkat untuk melihat, istimewa atas tubuh dan fisik dari angka-angka (yaitu hitam laki-laki) umumnya mewakili di dunia. "    - Kellie Jones, Lost in Translation: Jean-Michel di Mix (Re) 


Fred Hoffman hipotesis akal bahwa Basquiat mendasari tentang dirinya sendiri sebagai seorang seniman nya "kemampuan bawaan untuk berfungsi sebagai sesuatu seperti oracle, penyulingan persepsinya terhadap dunia luar ke esensi mereka dan, pada gilirannya, melindungi mereka keluar melalui tindakan kreatif."  Selain itu, melanjutkan aktivitasnya sebagai seniman grafiti, Basquiat sering dimasukkan ke dalam kata-kata lukisannya. Sebelum karirnya sebagai pelukis dimulai, ia menghasilkan punk-terinspirasi kartu pos untuk dijual di jalanan, dan menjadi terkenal untuk grafiti politik-puisi di bawah nama SAMO. Pada satu kesempatan Basquiat dicat gaun pacarnya dengan kata-kata "Brown Sial kecil". Dia sering menggambar pada objek acak dan permukaan, termasuk properti orang lain. Gabungan dari berbagai media merupakan bagian integral seni Basquiat itu. Lukisannya biasanya ditutupi dengan teks dan kode dari semua jenis:. Kata, huruf, angka, pictograms, logo, simbol peta, diagram dan lebih

Sebuah periode menengah dari 1982-an hingga 1985 fitur multi-panel lukisan dan kanvas individu dengan bar tandu terbuka, permukaan padat dengan menulis, kolase dan citra. Tahun-tahun 1984-85 juga periode utama Basquiat-Warhol kolaborasi, bahkan jika, secara umum, mereka tidak sangat diterima dengan baik oleh para kritikus.

Sebuah sumber referensi utama yang digunakan oleh Basquiat sepanjang karirnya adalah Anatomi buku Gray, yang ibunya memberikan kepadanya sementara di rumah sakit pada usia tujuh. Ini tetap berpengaruh dalam penggambaran nya anatomi manusia internal, dan bermacam-macam gambar dan teks. Sumber utama lainnya adalah Henry Dreyfuss Simbol Sourcebook, notebook Leonardo Da Vinci, dan Seni Brentjes African Rock.

Basquiat mencoret-coret sering dan beberapa potongan kemudian hari dipamerkan ini, mereka sering pensil warna di atas kertas dengan gaya longgar, spontan, dan kotor seperti lukisannya. Karyanya di semua media menampilkan daya tarik anak kecil dengan proses penciptaan.


Seja o primeiro a comentar

Posting Komentar

Bego sih, Ini Lampung yai ©Template Blogger Green by Dwie Setia.

Mentariku